Sharing Session Digitalisasi Dokumen dalam SPMI bersama Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis


Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana mengadakan sharing session bertema “Digitalisasi Dokumen dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal” yang berlangsung pada hari Sabtu, 18 Mei 2024, di ruang rapat Gedung E106. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh staf tata usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang digitalisasi dokumen dalam sistem penjaminan mutu dan layanan akademik. Pembicara utama dalam acara ini adalah Kepala Bagian Penjaminan Mutu Program Studi, Lusiana Oktavianingrum, S.Ikom dan Kepala Bagian Pangkalan Data Perguruan Tinggi, Rusti Mentari S.Kom.

Kegiatan sharing session dimulai dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Nurul Hidayah, M.Si., yang menyampaikan pentingnya digitalisasi dokumen dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem penjaminan mutu di lingkungan fakultas. 

Lusiana Oktavianingrum, S.Ikom., sebagai pembicara, memaparkan berbagai aspek terkait digitalisasi dokumen dalam SPMI. Lusiana menjelaskan bahwa digitalisasi dokumen merupakan langkah penting dalam sistem penjaminan mutu dan layanan akademik serta untuk menjawab tantangan kebutuhan data yang semakin cepat serta dibutuhkan secara online. Lusiana juga menekankan bahwa digitalisasi dokumen sejalan dengan upaya peningkatan mutu melalui SPMI, dimana setiap dokumen yang dihasilkan, diolah, dan disimpan harus memenuhi standar mutu yang ditetapkan.

Rusti Mentari S.Kom.,  pada pemaparannya menjelaskan tentang pelaporan akademik pada laman PDDIKTI. Menurutnya, “Laman PDDIKTI adalah platform yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memantau data dan perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Kita harus menyiapkan data dengan baik, sehingga proses pelaporan akademik dapat dilakukan secara lebih efisien, mengurangi risiko kesalahan data, dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku,” 

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Staf tata usaha yang hadir diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait implementasi digitalisasi dokumen di unit masing-masing. Sesi ini berlangsung interaktif dengan berbagai pertanyaan seputar teknik digitalisasi, perangkat lunak yang digunakan, serta tantangan yang dihadapi dalam proses digitalisasi.

Dengan adanya sharing session ini, diharapkan staf tata usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai digitalisasi dokumen dan siap mengintegrasikannya dalam sistem penjaminan mutu dan layanan akademik demi peningkatan kualitas dan efisiensi kerja.