Kunjungan Politeknik Manufaktur ASTRA

Kunjungan Politeknik Manufaktur ASTRA

Rombongan dari Polman Astra yang di pimpin oleh Bapak Tony Harley Silalahi selaku direktur dari Polman Astra melakukan kunjungan ke Universitas Mercu Buana pada tanggal 09 Januari 2019 yang bertempat di Ruang Rapat Rektorat. Kunjungan ini memiliki tujuan untuk melakukan studi banding tentang SPMI, mempelajari bagaimana SPMI di UMB dan belajar bagaimana UMB bisa mendapatkan Akreditasi A. Beliau menyatakan bahwa benchmark ke universitas yang baik sangat diperlukan sebagai contoh untuk dapat membuat universitas yang dipimpinnya dapat mengikuti jejak universitas mercu buana menjadi universitas yang unggul di indonesia.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Dalam pertemuan tersebut, Dr. Ir. Eliyani Selaku kepala Pusat PJM Universitas Mercu Buana menitik beratkan kepada pentingnya budaya mutu di lingkungan Universitas karena dengan adanya budaya mutu yang kuat maka dapat dipastikan kita dapat menjalankan Akreditasi institusi dengan baik pula. Universitas Mercu Buana merupakan universitas yang memegang teguh terhadap budaya mutu yang terjaga di lingkungan universitas. Dalam penerapannya, Pusat Penjaminan Mutu UMB berupaya untuk menanamkan hal tersebut dari bawah sampai tingkat atas.

Selain itu juga hadir Bapak Agus Arijanto, SE., MM wakil kepala PJM juga menambahkan tentang bagaimana universitas perlu untuk memperhatikan peningkatan siklus yang ada pada SPMI, menjaga SPMI, karena apabila tim pelaksana dapat menguasai dengan baik maka akreditasi dapat kita selesaikan dengan baik pula. “Dengan adanya Siklus SPMI yang baik, kita harus memperhatikan PPEPP dalam melakukan kegiatan Mutu, Jika semua itu sudak kita lakukan dengan baik, maka kita tidak perlu takut dalam menghadapi Akreditasi. Karena kita sudah melakukannya dengan baik mulai dari awal sampai akhir.” Sambutnya.

Dalam kunjungan ini memberikan kesan yang baik bagi polman Astra, mereka terkesan dengan hospitality yang diberikan oleh pihak universitas mercu buana. “Saya terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh Universitas Mercu buana, mulai dari security yang ramah dan membantu, serta hospitalitu yang ditunjukkan oleh staf di lingkungan universitas. Hal tersebut sudah menunjukkan bahwa budaya mutu yang baik telah terbentuk di universitas mercu buana”. Sambut Tony Harley Silalahi.

Dari pertemuan tersebut maka dapat diambil kesimpulan jika bahwasannya kita sudah menerapkan budaya mutu yang baik dari tingkat bawah sampai tingkat atas maka hal tersebut akan menjadi habit atau kebiasaan, yang dapat membantu kita untuk menjadi universitas yang unggul dan bermutu.